Pemerintah Kota Pangkalpinang ( PGK ) Melaksanakan Vaksinasi lanjutan Booster Dosis ke tiga.

Pemerintah Kota Pangkalpinang ( PGK ) Melaksanakan Vaksinasi lanjutan Booster Dosis ke tiga.

Spread the love

 

Suaraindependent.com,-Pemerintah Kota pangkal pinang. melaksanakan vaksinasi lanjutan atau booster dosis ketiga perdana di Puskesmas Girimaya, Rabu (12/1/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Masagus M Hakim menuturkan, vaksinasi booster saat ini diproritaskan bagi kelompok lanjut usia (lansia) dan pra lansia meliputi pelayan publik, ibu hamil serta ibu menyusui yang rentan terpapar Covid-19.

Baca Juga :  Jalan Diwilayahnya di Aspal, Warga Pasir Honje Desa Cibeber 2 Berikan Apresiasi

“Untuk hari ini kita tidak menargetkan terlalu banyak. Mungkin yang baru mendapatkan informasi dari sosial media saja yang akan melakukan vaksinasi hari ini, ” ujar Hakim.

Sedangkan bagi kelompok yang diprioritaskan tadi dapat mendatangi puskesmas di wilayah masing-masing untuk divaksin booster esok hari. Namun bagi masyarakat umum baru dimulai pekan depan atau berdasarkan arahan pemerintah pusat. Hakim menegaskan vaksinasi dosis ketiga ini diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat.

Jenis vaksin yang digunakan utamanya yakni Astrazeneca dengan jumlah dosis setengah dari dosis biasanya pada vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Baca Juga :  DEMI PENINGKATAN PRODUKSI HASIL TANI, DIREKTUR INTELKAM POLDA JABAR BERI BANTUAN KEPADA PETANI KABUPATEN BANDUNG

“Astrazeneca kita masih banyak. Tapi bisa saja menggunakan jenis vaksin lain tergantung ketersediannya, ” katanya.

Penyuntikan vaksinasi booster dapat dilakukan dengan rentang jarak enam bulan dari penyuntikan dosis kedua. Pemkot Pangkalpinang, lanjutnya,telah menyediakan sekitar 18 ribu dosis vaksin dari total yang dibutuhkan. Jumlah tersebut menurut Hakim sudah cukup untuk pemenuhan vaksinasi lanjutan yang digencarkan saat ini.

Vaksinasi di Kota Pangkalpinang sudah memenuhi kriteria dengan capaian sebesar 72 persen dari yang ditargetkan. (eka)

Editor. : Zili