September 24, 2020

suaraindependent

Independent Terpercaya

Pembangunan Drainase Menjadi Fokus Prioritas Demi Kelancaran Sirkulasi Arus Air

2 min read
IMG 20191227 WA0007

suaraindependent.com,

Kabupaten Bekasi – Permasalahan banjir, pembangunan infrastruktur yaitu drainase adalah solusi prioritas dalam mencegah Genangan _genangan air yang di akibatkan air hujan dan menjadi becana banjir lokal.Jumat (26/12/2019)

IMG 20191227 WA0005

Terlebih disaat musim penghujan akan datang, bila kondisi saluran air / Grenase tidak baik maka dimungkinkan adanya bencana banjir lokal . Terutama daerah yang berdekatan dengan jalur aliran sungai adalah jalur yang sangat rawan terjadinya bencana banjir.
Hal ini maka pembangunan drainase adalah program pembangunan prioritas utama.Hal ini dilakukan oleh Kades Danu SUMARNO sebagai Kepala Desa Sukaraya ,Kecamatan . Karang Bahagia Kab.Bekasi untuk meminimalisir terjadinya banjir lokal di wilayahnya sehingga sirkulasi air berjalan lancar dan tidak terjadi genangan air yang menimpa warga desa.

IMG 20191227 WA0006

Untuk tahun ini, program pembangunan melalui Dana Desa difokuskan di infrastruktur fisik yaitu drainase dan Infrastruktur jalan lingkungan Pembangunan program Dana Desa ini dilaksanakan oleh TPK (Tim pelaksana kerja ) yang diketua SUCIPTO dan Edo ,ustadz Mamit serta Rohili serta melibatkan masyarakat sebagai salah satu program penerapan pemberdayaan masyarakat untuk mengurangi angka pengangguran.

Menurut keterangan Sucipto untuk tahap ketiga Dana Desa tahun ini difokuskan program pembangunan drainase di wilayah kampung kandang Rt.001/006 Dusun 3(tiga)

Pembangunan drainase difokuskan dengan alasan nya memperkuat kondisi jalan supaya menjadi lebih baik dan juga untuk mengatasi permasalahan banjir akibat sirkulasi air yang tidak lancar. Mengingat adanya aspirasi masyarakat desa yang mengeluhkan kondisi jalan yang buruk ketika musim penghujan karena banjir yang disebabkan sistem irigasi yang tidak lancar.

Maka dari itu pembangunan drainase menjadi solusi prioritas utama. “Pembangunan drainase adalah solusi utama untuk mengatasi permasalahan jalan rusak dan banjir yang dikeluhkan masyarakat. Dengan Dana Desa yang diterima tahun ini difokuskan untuk pembangunan drainase dan jaling yang ada diseluruh wilayah desa ini. Dengan harapan nantinya kondisi jalan menjadi lebih baik karena saluran irigasi juga sudah lancar,” terang Sucipto .

Menurut keterangan salah seorang warga desa dengan adanya pembangunan drainase dan jaling (jalan lingkungan ) ini merasa senang karena pembangunan ini dapat segera menyelesaikan permasalahan jalan rusak dan banjir terlebih ketika musim penghujan tiba.

Mengingat jumlah penduduk Desa Sukaraya ini cukup besar sekitar 40 ribu jiwa yang sebagian berprofesi bermacam _macam ada yang menjadi ..pedangan ,petani ,karyawan ada juga sebagai pejabat dllnya ”Mengingat wilayah desa ini cukup luas dan masih memerlukan pendanaan yang besar,kami atas nama pemerintah desa berharap pembangunan infrastruktur tetap berjalan lancar demi kemajuan desa.Dan berharap pemerintah tetap memberikan perhatihan terhadap desa ini untuk menopang menuntaskan pembangunan infrastruktur yang belum tuntas.Dan melalui program dana desa ini,diharapkan kedepannya program pemberdayaan masyarakat desa dapat berjalan lancar untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat Desa Sukaraya menjadi lebih sejahtera,” itu harap Kades Danu SUMARNO yang menjabat kepala Desa sukaraya (sgd)

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.