September 25, 2021

suaraindependent

Independent Terpercaya

Pejabatan Eselon II Dilantik Dalam Waktu Dekat, Rekam Jejak “Selingkuh” Jadi Pertimbangan

2 min read
IMG 20210830 WA0130

 

Bangka tengah – Jabatan Eselon II dievaluasi, rotasi akan terjadi di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dalam waktu dekat.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Bateng, Wahyu nurakhman menuturkan saat ini kinerja jabatan Eselon II tengah dievaluasi. Selain evaluasi, pejabat eselon II yang sekarang di sebut Jabatan Pimpinan Tinggi ini juga mengikuti serangkaian uji kompetensi.

“Pelantikan eselon II kemungkinan dilaksanakan dalam waktu dekat, karena Bupati sudah bisa melakukannya,” kata Wahyu nurakhman, Senin (30/8).

Menurut dia, dalam evaluasi ini, rekam jejak pejabat eselon II juga menjadi pertimbangan menentukan jabatan baru. Termasuk awak media menanyakan misal ada pejabat eselon II yang pernah selingkuh, tetap masuk dalam pertimbangan.

“Sesuai Peraturan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PermenpanRB) nomor 15 tahun 2019 tetantang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah ada 7 persyaratan yang harus di penuhi oleh calon pejabat tinggi tersebut. Salah satu dari 7 point itu, yakni memiliki rekam jejak jabatan, integeritas dan moralitas yang baik,” ungkapnya.

Menurut dia, saat ini jabatan eselon II yang kosong ada 8, dan diisi oleh Pelaksana tugas (Plt). Dalam pengisian jabatan kosong tersebut, sementara ini bisa jadi di duduki oleh pejabat eselon II yang sekarang menduduki sebagai kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui Evaluasi kinerja dan uji kompetensi.

“Semua sudah kita lakukan, tinggal menunggu jadwal pelantikan saja,” ulang wahyu.

Terkait lelang, kata Wahyu juga akan dilaksanakan kedepan setelah pelantikan dalam waktu dekat. Lelang jabatan berlaku untuk jabatan kepala OPD yang kosong atau belum terisi hasil rotasi dalam waktu dekat.

“Ya, nanti lelang tetap kita laksanakan setelah ini,” ulasnya.

Kendati diisi Plt, Wahyu menyebut administrasi Pemerintahan tetap berjalan, termasuk penggunaan anggaran. Hanya saja, jika kebijakan bersifat stretegis, para Plt kepala OPD tetap berkonsultasi dengan Kepala Daearah.

“Tetaplah semuanya berkonsultasi dengan Kepala daerah,” ujarnya.

Selain eselon II, jabatan eselon III dan IV juga akan dilakukan rotasi dan promosi sesuai kebutuhan dan situasi serta kondisi Pemerintahan Kabupaten Bateng.

“Jabatan apa saja nanti yang diisi. Ya, tunggu saja nanti jadwal pelantikannya,” tutup Wahyu. (RN)

Ref : Aznan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.