Molen Dorong KADIN Pangkalpinang Bersinergi Lalui Ekonomi Politik

Molen Dorong KADIN Pangkalpinang Bersinergi Lalui Ekonomi Politik

Spread the love

PANGKALPINANG.
Wali Kota Pangkalpinang, Dr. H. Maulan Aklil atau akrab disapa Molen mendorong Kamar
Dagang dan Industri (KADIN) Kota Pangkalpinang untuk bersinergi dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang dan seluruh stakeholder dalam membangun kota berjargon Kota Beribu Senyuman melalui ekonomi politik, di Grand Vella Hotel, Rabu (30/3/2022).

Menurut Molen, dengan ekonomi politik berarti berupaya dengan memberdayakan seluruh resources yang ada seperti Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menjadikannya sumber-sumber pembangunan di kota Pangkalpinang.

“Saya minta Kadin Kota jangan politik ekonomi, karena dengan politik ekonomi adalah bagaimana ekonomi ini dijadikan komoditas politik. No no no”, kata Molen saat sambutan acara Pelantikan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Pangkalpinang periode 2021-2026.

Dalam kegiatan yang mengambil tema “Maju Bersama KADIN Kota Pangkalpinang menuju UMKM berbasis Digitalisasi dalam menuju Ekonomi Kreatif di Era Globalisasi 4.0”, Wali Kota Molen juga mengingatkan bahwa membangun suatu wilayah terdapat tiga pilar pembangunan yang harus selalu terjaga keselarasan serta keharmonisannya, agar terhindar dari disharmoni pembangunan di ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Pertama pemimpin, kedua ulama dan terakhir pengusaha”, ungkap Wali Kota yang mengawali karier sebagai pegawai negeri ini.

Menurut pria yang menamatkan jenjang Strata Tiga (Doktoral) Ilmu Manajemen Universitas Sriwijaya tersebut mengatakan selama tiga tahun kepemimpinannya, ia telah menciptakan iklim yang kondusif, nyaman dan ramah terhadap investasi.

“Tiga tahun 9,27 persen pertumbuhan ekonomi Pangkalpinang tertinggi se-Sumatera. Investasi yang masuk 3,3 triliun rupiah dan tenaga kerja yang terserap hampir 3000 orang, serta kemiskinan yang turun 6,7 persen, termasuk pengangguran yang turun tujuh persen”, terang Molen.

Senada Ketua KADIN Kota Pangkalpinang hasil Musyawarah Kota (Muskot) ke VII KADIN Kota Pangkalpinang, Wendo Erwanto, menyatakan bahwa sesuai dengan salah satu misinya adalah Kadin akan segera menyelaraskan dengan Pemkot dalam memajukan dunia usaha di Pangkalpinang. (Bagja)