Loka POM Belitung Lakukan Intensifikasi Pengawasan Pangan Jelang NATARU

Loka POM Belitung Lakukan Intensifikasi Pengawasan Pangan Jelang NATARU

Spread the love

 

BELITUNG,suaraindependent.com –Menjelang Natal dan Tahun Baru, Loka POM kembali melakukan intensifikasi pengawasan di beberapa tempat pusat perbelanjaan di Kabupaten Belitung Dalam rangka memberikan jaminan produk pangan yang aman bagi masyarakat, Selasa,(21/12/2021)

Kegiatan ini juga dilakukan dibeberapa sarana distribusi pangan di Kabupaten Belitung. Pengawasan tersebut dilaksanakan Loka POM bersama Dinas KUKMPTK Kabupaten Belitung, Bidang Perdagangan.

Baca Juga :  Terkait Insiden Penyekapan 4 Wartawan, Ketua DPD Puskominfo Indonesia Jatim Tempuh Jalur Hukum

Kegiatan intensitifikasi pengawasan pangan yang di lakukan oleh Loka POM bersama Dinas KUKMPTK pada hari selasa (21/12/2021)ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan intensifikasi pangan yang sudah dilakukan sebelumnya pada tanggal 1 Desember 2021 dan akan berlangsung hingga tanggal 7 Januari 2022. Kegiatan intensifikasi pangan ini juga sebagai antisipasi bahaya dari produk pangan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yang berpotensi meningkat pada hari-hari besar, seperti Natal dan Tahun Baru.

Intensifikasi pengawasan pangan yang dilakukan Loka POM dari tanggal 1 hingga 21 Desember 2021 terhadap 18 (delapan belas) sarana distribusi pangan yang ada di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, masih ditemukan pangan yang sudah kadaluwarsa sebanyak 3 (tiga) item, pangan yang rusak sebanyak 3 (tiga) item, pangan yang tanpa izin edar (TIE) sebanyak 2 (dua) item.

Baca Juga :  Rohadi Akan Terus Berjuang Untuk Mendapatkan Keadilan

Sarana distribusi pangan yang telah melakukan pelanggaran, akan diberikan pembinaan dan sanksi tegas sesuai peraturan perundang-undangan.

Selain melakukan pengawasan secara langsung ke distributor pangan yang ada di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, Loka POM juga terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pangan yang aman, baik itu sosialisasi secara langsung ke masyarakat maupun sosialisasi secara Digital seperti melalui media sosial, dll.

Demi keamanan pangan di masyarakat, Badan POM Bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung sudah berkomitmen akan mengawal masyarakat agar bisa mendapatkan produk pangan yang aman, bergizi dan bermutu. Masyarakat juga dihimbau untuk menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih produk pangan yang akan dikonsumsi, yaitu dengan selalu Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluwarsa) sebelum membeli dan mengkonsumsi produk pangan.

Cek kondisi kemasan produk artinya apakah masih dalam keadaan baik, kemudian baca informasi produk pada label tertera, kemudian pastikan produk memiliki izin edar resmi dari Badan POM serta pastikan produk belum melewati batas kadaluwarsa.

Pewarta. : den/fbs

Editor. :. Ramon